Strategi Komunikasi Humas Jakarta Smart City Melalui Aplikasi JAKI "Jakarta Kini"

research
  • 15 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Humas Jakarta Smart City Melalui Aplikasi JAKI "Jakarta Kini"

Untuk mendukung konsep smart city, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan inovasi dengan membuat aplikasi berbasis digital yang revolusioner disebut JAKI ”Jakarta Kini”. Sebagai Unit Pengelola, Jakarta Smart City merancang aplikasi JAKI ”Jakarta Kini” untuk memenuhi kebutuhan dan informasi dalam bidang pemerintahan masyarakat Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi humas Jakarta Smart City dengan menggunakan aplikasi JAKI ”Jakarta Kini” dalam penerapan teori excellence communication. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diteliti, peneliti menemukan proses komunikasi humas Jakarta Smart City melalui aplikasi JAKI ”Jakarta Kini” dalam mempublikasikan dan meyakinkan publik mengenai program yang diusung. Strategi komunikasi yang digunakan humas Jakarta Smart City melalui
aplikasi JAKI ”Jakarta Kini” dengan cara regulasi dan sosialisasi turun langsung ke masyarakat. Excellencce theory sebagai tolak ukur keberhasilan strategi komunikasi humas Jakarta Smart City melalui aplikasi JAKI ”Jakarta Kini”, knowledge core
(pengetahuan) strategi komunikasi humas Jakarta Smart City secara regulasi dan sosialisasi langsung dengan membangun diskusi bersama masyarakat, shared expectation (harapan bersama) harapan bersama Jakarta Smart City dan Diskominfotik,
JAKI sebagai Personal Assistant yang dapat membantu kebutuhan dan informasi masyarakat Jakarta, dan participative culture (budaya organisasi yang partisipasif) Jakarta Smart City rutin mengadakan evaluasi untuk perkembangan aplikasi JAKI, dan melakukan kolaborasi dengan publik atau organisasi lain.

Unduhan

 

REFERENSI

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak
Publisher).

Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi,
U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).

Danuri, M., Informatika, M., Teknologi, J., & Semarang, C. (n.d.). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL.

GOVERNMENT_PUBLIC_RELATIONS_GPR. (n.d.).

GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA. (n.d.).

Hanif Ahda, M., & Rozi, F. (n.d.). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam Pengembangan Objek Wisata Ompang
Sungai Sonsang. Journal of Communication and Society Juni, 2022(1).

Herlina, N., Evawani, P. :, Lubis, E., Jurusan, M. S., Komunikasi, I., Riau, U., Kampus,
P., Widya, B., Soebrantas, J. H., 12, K., & Pekanbaru, S. B. (2017). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @SUMBAR_RANCAK SEBAGAI
MEDIA INFORMASI ONLINE PARIWISATA SUMATERA BARAT. In JOM FISIP (Vol. 4, Issue 2).

Husin, A., Rohendi, A., Widjaja, Y. R., & Mulyani, K. (2023). PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KUALITAS PENDIDIKAN
TERHADAP CITRA SEKOLAH PADA SDN DAYA BAKTI KABUPATEN SUBANG. In Prosiding Magister Manajemen ARS University (Vol. 1, Issue 1).

Isnaini, S. (2021). Menata Strategi Pembelajaran Tinggi HUMAS di Era Physical Distancing. In Jurnal Communicator Sphere (Vol. 1, Issue 1).

Izzuddin, F. N. (2022). KONSEP SMART CITY DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 376 382. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.96

Jakarta Smart City. (2023, April 4). JAKI. Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta.

Joni, N., Asmawi, A., & Arif, E. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM TANAM JAJAR LEGOWO KEPADA MASYARAKAT PETANI PADI. Jurnal
Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(1), 39.
https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n1.p39-47.2019

Juniarni, S., Nur Afriany, A., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju, F. (2022). Analisis Minat Beli Pelanggan Melalui Sistem Penjualan Cash
on Delivery Study Kasus Butik Kemazena di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1).

Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071

Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif
dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).


Parulian Barunea, P., Putri Anastasya, M., Dalwiyanis, N. R., & Sri Wahyuni, O. (2023).
Evaluasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Mewujudkan Jakarta Smart City (Kajian Pemanfaatan Layanan JakWifi). https://idereach.com/Journal/index.php/JSC

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN KEMAMPUAN
KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG Skripsi. (n.d.).

Penulis, T., Melia Milyane, T., Umiyati, H., Putri, D., Akib, S., Daud, R. F., Rosemary, R., Muhammad Athalarik, F., Rachmi Adiarsi, G., Puspitasari, M., Muthahari Ramadhani, M., & Rochmansyah, E. (2022). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI.www.penerbitwidina.com

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi,6(1).


Priselie, A. E., & Paramita, S. (n.d.). Andia Elfika Priselie, Sinta Paramita: Strategi Komunikasi Digital Influencer dalam Menggunakan Media Sosial Instagram
sebagai Media Fundraising Strategi Komunikasi Digital Influencer dalam Menggunakan Media Sosial Instagram sebagai Media Fundraising.


Puspa Ayudia, A., & Sri Wulandari, S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo Abstrak.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa


Ramadhan, A. J. (2021). Peran Humas Xl Axiata Melalui Aplikasi Mobile Laut Nusantara Dalam Membangun Citra Perusahaan Bagi Nelayan. Jurnal Komunikasi,
15(1), 1–16. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.8807


Risti, A. N., Hadisiwi, P., & Prihandini, P. (2022). Pengalaman komunikasi mahasiswi bercadar dalam menghadapi stigma masyarakat. Jurnal Manajemen Komunikasi,6(2), 221–245.


Rodhi, M., Fadhlurrahman, R., & Aknuranda, I. (2022). Evaluasi Usability padaAplikasi JAKI menggunakan Pengujian Usability (Vol. 6, Issue 8). http://jptiik.ub.ac.id